weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: 7. Abstrak Silsilah Raja - Raja Pulo Percha (Sumatra) : Asal usul nama daerah Padang Si-busuk

7. Abstrak Silsilah Raja - Raja Pulo Percha (Sumatra) : Asal usul nama daerah Padang Si-busuk

·

7. Asal usul nama daerah Padang Si-busuk


Klik
Kembali ke Bag. 6


Orang-orang Jawa yang jumlahnya sangat banyak jadi malu dengan kekalahan pertandingan adu kerbau. Mereka menantang berharap bisa bertempur dan berperang di daerah Bunga Tanjung.

Namun Bandahara berkata kepada Yang Dipertuan, "O Tuanku, jangan memenuhi tantangan orang-orang Jawa untuk bertemu dalam peperangan, karena jumlah mereka sangat banyak. Sebaiknya kita menyediakan kebutuhan mereka di sini dengan beberapa syarat dan selama melayani mereka kita pikirkan siasat apa yang mesti kita lakukan." Raja menjawab, "Wahai Bandahara ku, yang sangat arif dan pintar, lakukan seperti yang kamu katakan, saya setuju"
Bandahara kemudian menemui orang-orang Jawa dan berkata, "Wahai manusia perkasa, jangan biarkan kita bertengkar atau berperang. Apapun yang kalian inginkan, kami akan berikan. Jawab orang-orang Jawa,"O Bandahara, jika seperti itu keinginan mu, baiklah, apa yang sekarang ingin kamu lakukan untuk kami?". Para Bandahara menjawab, "Kami ini memang tak ada apa apanya di bandingkan tuan, tapi ijinkan kami untuk menghibur anda dan menjamu anda untuk makan dan minum, sebagai bukti itikad baik". Orang-orang Jawa menjawab, "Nah, bila demikian buatlah segera ".

Kemudian Bendahara mengutus orang orangnya untuk mempersiapkan sebuah pesta. Ia juga memerintahkan untuk mengumpulkan sari pohon palem. 13). dan arak untuk jamuan minuman. Minuman ini dimasukkan ke dalam bambu yang dipotong miring pinggirnya sebagai tempat minum. Setiap orang Jawa disajikan minuman ini oleh petugas. Mereka minum minuman dengan tatacara orang orang dulu, yaitu membuka mulut dan kepala tengadah keatas sambil menuangkan minuman dari wadah bambu ke mulut mereka untuk di minum. Pada saat itulah masing-masing petugas memaksa dan menekan bambu ke tenggorokan mereka sehingga memotong batang tenggorokannya. Hal ini membuat orang orang Jawa terbunuh dalam jumlah besar, sementara beberapa yang lain melarikan diri.

Tempat beberapa waktu kemudian segera mulai berbau karena banyaknya jumlah mayat. Dan oleh karena itu tempat itu di beri nama Padang Si-busuk, nama yang masih ada hingga kini.

Note :
13.) Minuman yang di buat dari sejenis palem, seperti nira (dari pohon enau) dan sejenisnya. Dalam bahasa Inggris di sebut Toddy.

Klik
Menuju Bag. 8

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by