weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: 1. Abstrak Silsilah Raja - Raja Pulo Percha (Sumatra) : Kata Pengantar

1. Abstrak Silsilah Raja - Raja Pulo Percha (Sumatra) : Kata Pengantar

·

Abstrak Silsilah Raja - Raja Pulo Percha


1. Kata Pengantar


Gambaran silsilah para raja - raja di pulau sumatra saya terjemahan secara bebas dari naskah kuno yang di tulis oleh Yang Dipertuan Agung Maharaja Sakti yang merupakan Raja yang berkuasa di Kerajaan Indrapura, di pulau Sumatra.
Naskah yang beliau tulis di terbitkan di Benteng Fort Marlborough, (Sumatra Missionariss Press) tahun 1822 disatukan dengan naskah lain dan dinamai "Malayan miscelannies" bagian ke dua 12, dengan judul asli :

" Abstract Geneology of The Rajahs Pulo Percha (Sumatra). From a M.. S. In The Possession of The Sultan of indrapura".

Menurut analisa saya M. S. adalah singkatan dari kata Maharaja Sakti. Gelar Maharaja Sakti di gunakan di untuk gelar Raja di Indrapura, gelar ini dapat dijumpai di naskah naskah kuno melayu, diantaranya naskah asli bertulis arab melayu "Tambo Bangkahulu" dan salinan manuscript dari salah satu marga suku Rejang di Lebong. Termasuk pula di kisah Putri Gading Cempaka.

Isi dari Tambo Bangkahulu berkaitan erat dengan naskah ini. Raja raja dari Muko-Muko, Sungai Hitam, Sungai serut serta Raja di tanah Rejang di Lebong merupakan satu garis turunan dari silsilah ini.

Dalam Tambo Suku Rejang dan Suku Minang, akan di jumpai satu nama yang bisa di jadikan acuan, bahwa Indrapura punya hubungan silsilah yang sangat erat dengan Raja Raja di Tanah Rejang. Kesamaan nama dan jalan cerita nya bisa di baca di kisah kisah Raja Imbang Jaya.

Naskah tua ini sudah sering di sadur dan ditulis ulang serta di teliti oleh pakar sejarah melayu dari berbagai negara. Hasil riset naskah ini sejak dahulu sudah sering di publikasi dan di kaji ulang oleh peminat sejarah dan mahasiswa mahasiwa asing yang berminat. Hasil penelitian dan analisa mereka telah beberapa kali di terbitkan di jurnal internasional, terutama oleh Journal of the Malaysian of the Royal Asiatic Society, yang berpusat di London.

Semoga artikel ini menambah wawasan teman teman tentang sejarah Sumatra yang mungkin sulit didapatkan sumbernya di daerah.
Jakarta, 04 Novemember 2011

Tun Jang
Admin

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by