weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Orchid : Spathoglottis plicata varietas alba

Orchid : Spathoglottis plicata varietas alba

·

Photo by Arga Yudha
Location : rejang land, south west sumatra, Indonesia

Spathoglottis plicata var. alba
Anggrek tanah warna putih

Dikenal dengan nama Anggrek tanah, varian warna putih termasuk varian jenis yang langkah. Umumnya anggrek ini berwarna ungu yang masih mudah di temui di alam.

Spathoglottis plicata di deskripsikan pertama kali oleh Blume dan dipublikasikan di jurnal botani Bijdragen tot de Flora van Nederlandsch Indie Part 8 pada tahun 1825. Photo Spathoglottis plicata jenis biasa yang berwarna ungu bisa di lihat di LINK.


Spathoglottis plicata varietas alba, in situ from Rejang land

Varian tanaman dengan warna putih di sebut dengan varian alba, dan biasanya populasinya di alam agak langkah di bandingkan dengan varian biasa. Pengamatan admin, di sumatra, sebaran anggrek ini ada di semua propinsi, terutama di dataran tinggi, tumbuh pada tebing-tebing atau daerah terbuka yang biasanya banyak paku pakuan. Anggrek ini masih banyak terlihat di sepanjang jalan trans sumatra, baik di jalur lintas tengah maupun jalur lintas barat yang terbentang sepanjang pulau sumatra. Namun demikian, varian albanya sangat jarang terlihat.

Memelihara Spathoglottis plicata varietas alba tidaklah sulit. Sama dengan varietas Spathoglottis plicata biasa, dia sangat mudah beradaptasi dan tak memerlukan perlakuan khusus seperti anggrek lainnya. Anggrek ini masuk ke daftar tanaman perintis di pulau krakatau pasca eruption pada tahun 1883 dan berhasil berkoloni dengan baik di kawasan tersebut.


Spathoglottis plicata varietas alba in situ from Rejang land

Anggrek tanah penyebarannya sangat luas. Tersebar dari srilangka hingga ke kepulauan pacific. Ada pula laporan, kemampuannya beradaptasi sebagai tumbuhan perintis telah beradaptasi ke negara negara beriklim semi tropis, bunganya yang indah di jadikan bunga potong yang mulai populer di Amerika, Hawaii dan Florida.


Spathoglottis plicata varietas alba in situ from Rejang land

Di Tanah Rejang sendiri, anggrek tanah ini masih mudah di jumpai di sepanjang jalan daerah gunung, arah Bengkulu - Curup - Kepahiang - Muara Aman. Begitu juga di daerah lain di propinsi Bengkulu. Namun varian putihnya tetap saja agak sulit di temukan meskipun masih banyak di alam.


Spathoglottis plicata varietas alba in situ from Rejang land

Ciri khas dari varian alba ini adalah bentuknya sama dengan jenis biasa yang berwarna ungu, seluruh bunganya berwarna putih dan ada sedikit warna kuning di bagian lidahnya (labellum).

Nama umum
Indonesia:Anggrek tanah
Inggris:Ground orchid


Nama daerah : ?

Klasifikasi

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)
Genus: Spathoglottis
Spesies: Spathoglottis plicata var. alba

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com