weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Butterfly : Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909

Butterfly : Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909

·

Photo by Arga Yudha
Location : Rejang Land, South west sumatra, Indonesia

Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909
synonym Papilio evan Doubleday, 1845


Yellow Gorgon, Outlet Sword, atau Sickle butterfly begitu umumnya nama yang disebut orang-orang untuk kupu kupu ini. Kupu ini masuk dalam suku Papilionoidea dan dipisahakan ke genera tersendiri yang di beri nama genera Meandrusa oleh Moore pada tahun 1818.


Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909 in Rejan Land


Species Meandrusa payeni sendiri pertama kali di kenalkan ke dunia oleh Boisduval pada tahun 1836. Ia mendeskripsikan species ini dari specimen yang ia temukan di pulau jawa dan di beri nama Papilio payeni. Nama generanya masih mengunakan nama papilio karena saat itu species papilio yang di deskripsikan masih sedikit dan pembagian genera dari suku papiliomnoidea belum sebanyak di tahun tahun berikutnya.

Barulah pada tahun 1818, Moore memperkenalkan genera baru buat species ini yang dia beri nama Meandrusa, sehingga nama Papilio Payeni di ganti menjadi Meandrusa payeni, sesuai dengan perkembangan ilmu taksonomi.


Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909 (male form) in Rejang Land

Fruhstorfer, seorang pakar serangga melakukan exploarasi serangga ke pulau sumatra di awal abad 20. Dia menemukan kupu kupu Maendrusa payeni yang di descripsikan dari pulau jawa sebelumnya. Melihat adanya variasi dari warna dan pola sayap, akhirnya Fruhstorfer berkesimpulan bahwa Maendrusa Payeni sumatra berbeda varietas dengan di pulau jawa. Perbedaan inilah yang dikenal kemudian sebagai sub species dari species yang di pulau jawa, sub species ini dia deskripsikan pada tahun 1909 dan di beri nama sebagai Papilio payeni ciminius. Ternyata subspecies ini sama dengan subspecies dari Burma, dan Peninsular Malaya. Specimen sub species ini dia kumpulkan dari Padang, sumatra barat.


Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909 (male form) in Rejang Land

Penelitian selanjutnya terus dilakukan, sehingga pada tahun 1921, C.F.& J.Pratt melaporkan ditemukan dua varian baru (type) dari Meandrusa payeni ciminius, yaitu Type merah untuk kupu kupu betina yang ditemukan di lembah kerinci selatan, sumatra selatan, dan kupu kupu Paratype kuning untuk kupu kupu jantan yang ditemukan di sumatra barat.


Meandrusa payeni ciminius, Fruhstorfer, 1909 (male form) in Rejang Land

Photo Meandrusa payeni ciminius ini, adalah yang berhasil di record oleh Arga yudha dari Tanah Rejang, satu tipe varian Meandrusa payeni ciminius umum yang jantan, ini bisa dikenali dari warna corak hitam kelam di bagian sayap atas dorsal, yang betina warnanya biasanya agak terang.

Du dunia hingga saat ini dari genera Meandrusa hanya di kenal 3 species, dan satu satunya species yang ada di sumatra adalah Maendrusa Payeni. (Tun Jang, 10 April, 2011).

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by