weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Mengandak

Mengandak

·




MENGANDAK

Pengertian mengandak berasal dari kata andak, dalam bahasa Rejang berarti berhenti , mengandak jadi dapat diartikan berhenti di tempat.

Dalam asyiknya menari , pada garis perbatasan maka tarian akan berhenti , karena merasa tidak puas dengan tarian saja, mereka lalu ingin menyampaikan apa yang ada dalam hatinya melalui sambai ( pantun). Dengan tertib pria dan wanita duduk berhadapan ditengah – tengah balai, ditengah nya diletakan redap , lampu, bakul sirih , dan pria serta wanita memegang kipas menutup mukanya ketika menyampaikan kata – kata dalam sambai didampingi oleh tua sambai, ketua batin saling bersaut – sautan. Setelah puas menyampaikan isi hatinya, masing – masing mereka berdiri untuk menari kembali.

Dari gerakan tangan, jari dan sembah dapat memberikan pengertian, tidak setuju atau setuju terhadap pasanganya. Misalnya ketika pada sembahan pertama, mereka melepas tangan kesebelah kanan atau kebawah.

Sambai andak dipertunjukan pada masa kejei, sambai biasanya tidak terikat dengan sumbai, karena sambai bujang gadis berbeda tutur bahasa dan irama.

Selain yang tersebut diatas terdapat juga yang menggunakan irama, antara lain :
1. Berjung
2. Berdai
3. Mendula
4. Geritan

Alat Musik pengiringnya :
1. Ginggong
2. Rebana, berbeda dengan redap.
3. Ketipung.
4. Gendang panjang.

Ditulis kembali oleh : Andy Armanda – Radio FOUR FM Curup
Sumber : asal usul adat bimbang di tanah rejang – A.sani

Pariwisata Bengkulu







0 comments:

Rejang Land Pal

Support by