weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Bokoa Iben - Tempat Sirih dari Anyaman Bambu atau Rotan

Bokoa Iben - Tempat Sirih dari Anyaman Bambu atau Rotan

·

Author : Naim Emel Prahana
Photo : Curup Kami

Bokoa Iben merupakan sebuah tempat untuk menyimpan peralatan orang yang suka mengunyah sirih (makan sirih). Kata Bokoa merupakan bentuk perubahan dari kosa kata ‘bakul’ dalam bahasa Indonesia. Perbedaannya kalau bakul ukuran rata-rata besar dan ada juga yang kecil. Tapi kalau bokoa bentuknya kecil berdiameter seukuran piring makan dengan tinggi sekitar 15-20 cm.




Di dalam bokoa—ditambah dengan isinya ‘iben’ maka jadi “bokoa iben’ terdiri dari:
  • iben (saun sirih),
  • buak pinang (buah pinang)—yang sudah dikupas kulitnya,
  • odot (tembakau),
  • gambeia (daun gambir, red),
  • pisau kecil yang tajam.
  • tutuk titik (penumbuk kecil yang terbuat dari kayu kecil berbentuk tabung)

Ditambah semacam tabung kecil terbuat dari kayu dengan ukuran lebih kurang sebesar bambu kecil yang di dalamnya ada lubang. Kegunaannya adalah untuk menumbuk gambeia dan tembakau.

Gambea itu sendiri berupa daun pohon Gambea yang tumbuh di tengah hutan. Yang diambil adalah daun yang tua. Kemudian direbus dan dijemur, untuk menghasilkan daun gambea campuran makan sirih yang berkualitas.




Semua bahan makan sirih di dalam bokoa iben itu disusun sedemikian rupa, sehingga bokoa yang kecil itu bisa memuat banyak daun sirih, tembakau, gambiea dan buah pinang. Sedangkan di bagian atas bokoa ada penutupnya yang merupakan satu set dengan bokoa itu sendiri.
Bokoa iben terbuat dari anyaman bambu yang sangat rapih dan berkualitas, sehingga tahan lama dan tahan banting (tidak cepat rusak).

Photo bokoa iben yang lain bisa di lihat di Link

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by