weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: The Stage Kejai Dance Performance - Balei Kejai

The Stage Kejai Dance Performance - Balei Kejai

·

Author : Curup Kami


Balei kejei atau balai adat adalah sebuah bangunan yang dibuat khusus untuk tempat pelaksanaan tari kejei. Balei kejei atau balai adat ini menyerupai panggung, namun posisinya / bentuknya tidak tinggi seperti pangung-panggung lainnya. Lantainya hampir sejajar dengan tanah. Lantai dan dinding balei kejei di buat dari susunan papan kayu yang di ikat sedemikian rupa sehingga gampang di bongkar pasang. Sedangkan untuk tiang menggunakan pohon bambu. Sedangkan atapnya adalah seng. Balai seperti ini dimasyarakat rejang dikenal dengan istilah nama TARUP. Dengan kata lain dalam bahasa indonesia bentuk tarup seperti teratak bedanya tarup lebih luas.



khusus untuk balei/balai kejei,balei ini bagi menjadi dua tempat, yaitu
  • tempat penonton pria (bagian kiri )
  • tempat penonton wanita ( bagian kanan )




Pada masing-masing bagian dibuat sekat-sekat pembatas dari papan yang tingginya setinggi pinggang orang dewasa.

Pada masing-masing bagian ini juga di buat satu ruang untuk jaksa kejei wanita dan pria yang tugas mereka adalah memantau dan menjatuh hukuman bila ada yang melanggar aturan pada saat kejei berlangsung.hukaman yang biasa diberikan berupa denda yang mana denda tersebut yang membayarnya adalah yang melaksanakan kegiatan kejei tersebut.

Anok Sangei (Semulen Jang)

Anok Sangei (Bujang Jang)

Tidak semua orang diperbolehkan masuk balei kejei. Bila ingin memasuki balei kejei mereka diharuskan memakai pakaian adat rejang baik wanita maupun pria.

Pintu masuk dan keluarnya pun juga di atur, pria memasuki dari pintu kiri dan para wanita dari pintu kanan.

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by