weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Marga Selupuh

Marga Selupuh

·

Seperti yang kita ketahui bahwa dari ke empat Biku yang di Tanah Rejang ada yang bernama Tuan Biku Bajenggo. Beliau ini menjadi Raja Marga Selupuh rejang berkedudukan di Batu Lebar dekat dusun Anggung (Marga Selupuh Rejang)

Turunan dari Tuan Biku Bajenggo pergi ketempat tempat lain diluar marga Selupuh Rejang menjadi Raja dan marga dimana mereka itu memerintah dinamai juga Selupuh.

Tuanku Biku Bajenggo berputra :

  1. Tuan Bujang pergi ke Retau, Onderafdeeling Tebing Tinggi.
  2. Tuan Sepatu Hitam tinggal memerintah di Anggung marga Selupuh Rejang. Beliau kawin dengan Tuan Putri Sedana Putih dari Palembang.
Tuan Sepatu Hitam di ganti oleh anaknya Tuan Sepengga Tungga dan beliau ini diganti oleh anaknya Tuan Pesenggak gelar Depati Senambung Lekat dan beliau ini berputra 2 orang yaitu:
  1. Ajai Lekun
  2. Ajai Malang
Ajai Lekun tinggal memerintah mengganti ayahnya di marga Selupuh Rejang berkedudukan di dusun Cawang marga Selupuh Rejang, sedangkan adiknya Ajai Malang menjadi raja di marga Selupuh Rejang berkedudukan di Atas Tebing dan menjadi satu tiang dari Pesirah Tiang IV di Lebong. Beliau ini wafat tidak meninggalkan anak lalu diganti oleh Tuan Rio Mendung Putra dari Ajai Lekun.

Ajai Lekun ini berputra 7 yaitu :
  1. Tuan Rio Penokoa tinggal memerintah di marga Selupuh Rejang berkedudukan di dusun Cawang.
  2. Tuan Rio Mendang memerintah di I Jenggalu Onderafdeeling Seluma.
  3. Tuan Rio Mendung memerintah di dusun Atas Tebing marga Selupuh Rejang menjadi I Tiang dari Pesirah Tiang IV di Lebong.
  4. Tuan Rio Galang pergi memerintah di Tanjung Agung (IV Lawang Tebing Tinggi)
  5. Tuan Rio Pinding memerintah di Rantau Kandis marga Selupuh Baru Benkulen.
  6. Tuan Rio Batea pergi memerintah di Galang ada pula yang menceritakan ke Mentiring Benkulen.
  7. Tuan Rio Babuk
Maka turunan Tuan Biku Bejenggo turun temurun menjadi Pesirah marga Selupuh Rejang dan di marga Selupuh Lebong keturunan Tuan Rio Mendung.

Source :
Tembo Rejang Empat Petulai oleh Mohammad Hussein yang di kerjakan oleh H Harun Nur Rasyid di bulan February 1976
Retyping by admin Rejang Land Blog from Haji Radunin Foundation 1997, inform by Geinthe Lagenda (Bandung)




0 comments:

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com