weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Orchid Macoda Petola ( Anggrek Batik Emas) endagered Species in Kaba Mountain, Curup

Orchid Macoda Petola ( Anggrek Batik Emas) endagered Species in Kaba Mountain, Curup

·

Anggrek Patik Emas begitu Anggrek Macoda Petola ini di sebut. Anggrek ini masuk dalam keluarga jenis anggrek tanah. Namanya di sebut sebut sebagai anggrek yang memiliki keindahan dedaunan yang menawan. Macodes petola, ki aksara, jewel orchid , anggrek mutiara, adalah nama-nama yang di berikan untuknya. Warna daunnya nan hijau, berhias urat-urat warna emas di lamela, laksana disulam oleh benang emas alami, bila dikabuti air, akan terlihat lebih indah lagi, sangat menyejukkan dan memukau mata, itulah salah satu pesona anggrek yang berhabitat di Gunung Kaba Kabupaten Rejang-Lebong.

Macodes petola


This interesting Jewel Orchid has beautiful foliage which is difficult to capture in a photo. The veins actually look like metallic gold thread woven through the light green leaves. Native to Malaysia and New Guinea it is found in the lowland tropical rain forests in dense shade growing in moist leaf litter and soil on well-drained sites with high humidity and warm temperatures. The plant blooms with small, insignificant flowers on an 8 inch inflorescence. A bit less forgiving than Ludisia but not difficult if the substrate is well drained and if it is kept warm.



http://markus.dimdal.se/orchids/Macodes_petola.jpg


Macodes petola (Blume) Lindl. Dideskripsikan pertama kali oleh C.L. Blume sebagai Neottia petola pada tahun 1825 berdasarkan pada sistem penamaan binomial Rumphius ‘Folium petolatum’.


Tanaman ini merupakan Family Orchidaceae, dengan nama genus Macodes. Dari Genus macodes terdapat tujuh spesies yang tersebar dari Malaysia, Indonesia, New Guinea hingga Vanuatu. Tanaman ini ditemukan pada ketinggian 100 hingga 800 meter di atas permukaan laut, daerah lembahan hutan hujan yang sebagian tertutup bayangan pohon dan tumbuh pada bekas tanaman atau humus yang basah dan tanah dengan drainase yang baik.
Anggrek ini membutuhkan kelembaban udara yang tinggi, 50% atau lebih. Media harus cukup lembab tetapi bukan berarti media terlalu basah karena dengan demikian akan muncul masalah akibat bakteri dan jamur dan busuk pada akar. Kamar mandi dengan pertukaran udara yang baik dan sinar matahari tak langsung merupakan kombinasi yang baik. Bila tidak tempatkan dekat jendela yang dapat membawa kelembaban dari luar. Pada cawan pot dapat ditempatkan batu-batuan untuk menciptakan penyangga sehingga air yang keluar dari pot dapat ditampung di cawan kemudian bila teruapkan menciptakan kondisi lembab tanpa takut membusukkan akar tanaman. Jangan membiarkan media hingga kering samasekali, dibutuhkan media yang lembab sepanjang waktu. Sehubungan dengan kebutuhan cahaya, pastikan anggrek ini tidak terkena sinar matahari secara langsung karena akan membakar daun-daunnya.

Anggrek Kiaksara ini dilindungi oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 7 Tahun 1999, Tanggal 27 Januari 1999.

[Mitjo_1065954245_725.jpg]

http://orchidorama.free.fr/04-juillet-d%E9cembre/Macodes%20petola04-3.JPG


Synonyms Anoectochilus petola (Blume) Hereman 1868; Anoectochilus veitchianus Blume 1859; Argyrorchis javanica Blume 1859; Haemaria argyroneura Miq. 1864; Macodes argyroneura (Miq.) Rolfe 1896; Macodes javanica (Blume) Hook.f. 1889; Macodes robusta J.J.Sm. 1921; *Neottia petola Bl 1825; Rhomboda confusa Ormerod 1995; Spiranthes petola (Blume) Hassk. 1844
  • Domain: Eukaryota Whittaker & Margulis,1978 - eukaryotes
  • Kingdom: Plantae Haeckel, 1866 - Plants
  • Subkingdom: Viridaeplantae Cavalier-Smith, 1981 - Green Plants
  • Phylum: Magnoliophyta Cronquist, Takhtajan & W. Zimmermann, 1966 - Flowering Plants
  • Subphylum: Spermatophytina (auct.) Cavalier-Smith, 1998 - Seed Plants
  • Infraphylum: Angiospermae auct.
  • Class: Liliopsida Scopoli, 1760 - Monocotyledons
  • Subclass: Liliidae Takhtajan, 1967
  • Superorder: Lilianae Takhtajan, 1967
  • Order: Asparagales Dumortier, 1829
  • Family: Orchidaceae Adans., 1763, nom. cons. - Orchid Family
  • Genus: Macodes (MAK-oh-deez) Rolfe, 1896
  • Specific epithet: petola (Blume) Lindl.
  • Botanical name: Macodes petola (Blume) Lindl.





Rediscovery Anggrek Macoda Petola (Anggrek Patik Emas) di Gunung Kaba oleh Zenzybar
Berikut laporan artikel dari Zenzibar yang melakukan explorasi di Bukit Kaba yang dinamakannya explorasi selupu rejang (yang di publikasinya tanggal 7 maret 2007):


Macoda Sp.

Teretorial 3 km arah selatan kaba Mountain kabupaten Rejang Lebong, dengan metode jelajah ditemukan 9 jenis anggrek yang terdiri atas 5 marga : Macoda, Dendrobium. bulbodium, Oncidium dan Rhodonanta, dari kelima marga ini satu jenis dari marga Macoda :

Macoda Sp.

Karekteristik

Habitat :

Macoda sp. pada eksplorasi yang dilakukan dapat di identifikasi bahwa jenis anggrek ini tumbuh pada ketinggian 1400 DPL, kisaran suhu 20 s/d 26 drjt celcius, Habitat teresterial / Tanah diantara sarasa hutan Bambosa dan palmae,

Morfologi

Daun/ Lamela : P/L 17 x 19 Cm, daun berwarna hijau kehitaman tulang daun bertemu pada ujung daun runcing berwarna sulaman emas melintang pada Lemela, dan berpendar bila terkena cahaya, bentuk daun oval, mempunyai upih/ vagina dan tangkai,

Batang ; berwarna putih cream, tidak mempunyai pseudobulb / Umbi semu, pecabangan simpodial, berbeda dengan umumnya anggrek yang batangnya dilapisi kitin atau zat tanduk, Macoda, batangnya berbentuk bulat telur dan lunak berair, ini menyebabkan Macoda membutuhkan lebih banyak air dibandingkan jenis lain yang umumnya cendrung lebih tahan terhadap kekeringan ketimbanga kelebihan air, sehingga macoda pada habitatnya akan mengalami Dormansi / mati Suri apa bila tidak menerima hujan selama 2 bulan....

Flora/Bunga : belum terdeteksi

Di bagian komentar blog sahabatnya terbongkar kalau species macoda yang dia maksud dan belum ingin di publikasi itu adalah Macoda Petola. Bagaimanapun juga saya ucapkan terimakasih ke pakar anggrek kita Zenzibar, setidaknya rejang-lebong punya flora khas yang mungkin kelak bisa di budidaya, meski sekarang habitat jenis ini terancam di Gunung Kaba baik oleh pengrusakan alam atau pencarian oleh penduduk untuk bahan obat (Jamu yang di kirim ke jawa).

Reference :
http://rejang-lebong.blogspot.com/2008/06/orchid-macoda-petola-endagered-species.html
http://orchidorama.free.fr/04-juillet-d%E9cembre/Macodes%20petola04-3.JPG
http://markus.dimdal.se/orchids/Macodes_petola.jpg
http://koko06.multiply.com/photos/album/3/Anggrek_Hutan_Meratus
http://zenzibar.multiply.com/tag/anggrek%20patik%20emas
http://a.j.calisi.home.att.net/orchids.html
http://zipcodezoo.com/Plants/M/Macodes_petola.asp
http://curupkami.blogspot.com/2008/06/anggrek-patik-emas.html

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com