weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Species Baru Satwa Bengkulu

Species Baru Satwa Bengkulu

·


Boiga bengkuluensis
Satwa species baru asal Propinsi Bengkulu yang di perkenalkan ke dunia oleh Ilmuwan Rusia tahun 2003

Oleh : Tanah Rejang

Bengkulu, kaya dengan kekayaan hayati sejak dahulu, tapi sayang minim publikasi dan penelitian. Satu lagi species satwa baru asal bengkulu juga telah di Publikasi di jurnal Internasional Science negeri beruang merah. Wah bagaimana mungkin species yang berada di Bengkulu diam-diam telah di teliti oleh Ilmuwan Rusia dan mendapatkan ruang baru di daftar taxonomy dunia dan terdaftar pula secara resmi sebagai species satwa baru yang telah teridentifikasi endemic dan berasal dari bengkulu?! (Hmmm kemana aja scientist daerah atau Indonesia selama ini ya? meneliti apa saja mereka sampai kecolongan begini, ataukah tidak tertarik meneliti kekayaan hayati Bengkulu lagi karena banyaknya konflik di daerah ini? )

Tentang Species Baru Satwa asal Propinsi Bengkulu
Species satwa baru asal propinsi bengkulu itu adalah jenis ular dari keluarga Colubridae. Panjangnya dilaporkan tidak kurang dari 1,68 meter (168 cm) ini merupakan ukuran specimen ular betina yang di teliti oleh para pakar. Dari Jurnal resmi Bangor University (School of Biological sciences) salah satu universitas di Inggris, melaporkan secara resmi penemuan 3 species baru dari keluarga Colubridae tahun 2003, yaitu :
  1. Boiga bengkuluensis ORLOV, KUDRYAVTZEV, RYABOV AND SHUMAKOV, 2003(Propinsi Bengkulu, Sumatra, Indonesia)
  2. Clelia hussami (Brazil selatan)
  3. Trimorphodon (Amerika, untuk Trimorphodon adalah perbaikan taxonomi sebelumnya yang di anggap ada kekeliruan,- A taxonomic revision of Trimorphodon biscutatus vilkinsonii)
Wah, ternyata tahun 2003 Bengkulu telah mendapat tambahan satwa khasnya secara resmi. Dengan demikian menambah sederetan daftar satwa khas bengkulu yang harus di jaga kelestariannya.


Klasifikasi
Secara ilmu taxonomy, species baru asal bengkulu ini berada pada daftar silsilah :

Kingdom Animalia
Animals
Phylum Chordata
Animals with backbones
Class Sauropsida/Reptilia
Reptiles
Order Squamata
Lizards and Snakes
Family Colubridae
Colubrid
Genus Boiga
Species bengkuluensis

Species names : Boiga bengkuluensis


Beberapa Publikasi Jurnal Science International
Apa sih yang menjadi ciri dari ular Boiga bengkulu ini? Menurut jurnal dari Bangor University United Kingdom adalah jenis ini lebih panjang dan lebih gepeng dari jenis lain, lihat komentar deskripsi di jurnal tersebut :

  • Boiga - Description of Boiga bengkuluensis

    Orlov et al. (2003) describe a new species of Boiga from Bengkulu Province, SW. Sumatra: B. bengkuluensis. The new species is a long and very slender species, and greenish-brown with bifurcating, darker green crossbars on the back. It differs from B. cynodon and relatives in having fewer midbody scale rows (19 instead of 21 or more), and from B. drapiezii in having more temporal scales (3 anterior and 4 posterior, instead of 2 and 3, respectively).

  • Orlov, N.L., S.V. Kudryavtzev, S.A. Ryabov & O.V. Shumakov (2003) A new species of genus Boiga(Serpentes: Colubridae: Colubrinae) and colour atlas of Boigas from Bengkulu Province (Sumatra, Indonesia).
Sedangkan secara detail Russian Jurnal of herpetology memberi ulasan bahwa mereka telah membandingkan jenis ini dengan species ular boiga lainya yang berasal dari Sunda Archipelago (berbagai kawasan di Indonesia), Philipina, pulau Andaman dan Nikobar, serta species ular ular boiga asal Indochina, dan menyimpulkan ular boiga bengkulu adalah species yang berbeda. Ini petikan jurnal tersebut :
  • A NEW SPECIES OF GENUS Boiga (SERPENTES: COLUBRIDAE: COLUBRINAE) AND COLOR ATLAS OF BOIGAS FROM BENGKULU PROVINCE (SUMATRA, INDONESIA)

    Nikolai L. Orlov, Sergei V. Kudryavtzev, Sergei A. Ryabov, and Oleg V. Shumakov

    The description of a new species of the genus Boiga is based on the examination of one adult specimen (female) from the Bengkulu Province (Sumatra, Indonesia). A comparative analysis of the new species with all the species of the Boiga genus of the Sunda Archipelago (Indonesia), Philippines, Andaman and Nikobar Islands, and Indochina was carried out: Boiga cynodon, B. guangxiensis, B. ocellata, B. dendrophila ssp., B. tanahjampeana, B. drapiezii, B. angulata, B. philippina, B. schultzei, B. irregularis, B. jaspidea, B. multomaculata, B. nigriceps, B. cyanea, B. saengsom, B. andamanensis, B. wallachii. There given new records of boigas and detailed description of five color forms of Boiga cynodon from the Bengkulu Province.

    Key words: new species; Boiga bengkuluensis; Bengkulu Province; Sumatra; Boiga cynodon complex; Boiga drapiezii complex.


Habitat alaminya di mana?

Berdasar laporan di jurnal itu habitatnya berada di daerah sekitar Curup dan Kepahiang.

  • Indonesia (Sumatra, Bengkulu Province)

    Terra typica: Rejiang (region around Curup and Kapahiang Towns), Rejianglebong Prefecture, Bengkulu Province, Sumatra, Indonesia; 3°28 S, 102°32 E; 500 m elevation

Gimana sih rupa ular Boiga Bengkuluensis itu?
Wah sejak di publikasi tahun 2003, photonya hanya beredar di kalangan terbatas, yaitu kaum akademisi, ilmuwan, atau kalangan-kalangan yang memang tertarik untuk melestarikan dan meneliti satwa ini. ( admin hingga hari ini belum menemukan opini atau komentar mengenai species satwa baru asal bengkulu ini sejak di publikasi di media internasional tahun 2003, sedih juga ya .... )

Tapi tahun 2008 ini lagi-lagi seorang ilmuwan asal Rusia berbaik hati untuk membagi photo satwa baru asal bengkulu ini, sehingga kita tidak bertanya-tanya lagi bagaimana rupanya. Inilah photo untuk publik itu.



Terimakasih sebesar-besarnya ke Mr. E. Yakhontov yang telah membagi photo Boiga bengkuluensis ini sehingga bisa saya bagikan ke semua rekan yang tertarik, photo anda satu satunya yang saat ini yang saya temui untuk publikasi publik tentang Boiga Bengkuluensis yang sejak di publikasi tahun 2003 hanya bisa di nikmati kalangan terbatas. Photo di atas di publikasi di situs science ternama asal negera Rusia dan berbahasa Rusia pula. (admin butuh waktu beberapa lama buat mencari translatornya).

Mereka para pakar yang berjasa meneliti
Terimakasih kepada :
  • Nikolai L. Orlov, Sergei V. Kudryavtzev, Sergei A. Ryabov, and Oleg V. Shumakov
Mereka adalah orang-orang yang telah meneliti satwa ini, sehingga Boiga Bengkuluensis lahir di daftar taxonomy, dari mereka inilah lahir species baru yang di beri nama Boiga Bengkuluensis.

Reference :
  1. Http://rejang-lebong.blogspot.com
  2. http://www.folium.ru
  3. http://www.terraria.ru
  4. http://www.worldtwitcher.se
  5. http://biology.bangor.ac.uk
  6. http://www.tigr.org











0 comments:

Rejang Land Pal

Support by