weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Recipe food : Kue Lepeng

Recipe food : Kue Lepeng

·

Kue Lepeng

Lepeng. Siapa yang gak kenal kue Lepeng? Akh ternayta banyak anak sekarang yang gak tahu kue lepeng. Kue Lepeng adalah panganan khas dari Tanah Rejang, sering di masak ibu ibu di kampung dahulu. Yang gak tahu boleh tanya ayah ibunya apa itu kue lepeng yang bentuknya seperti kue serabi.


 Kue Lepeng dan segelas teh, yummi....!

Berikut resep dari teman kita Memi yang membagi cara membuat kue lepeng, alah Memi. Selamat mencoba.

Bahan :
tepung beras    : 1 1/2 kilo
kelapa parut    : 1/4 kilo
Tape singkong secukupnya
gula merah iris secukupnya
garam halus     : 1/2 sendok makan
soda               : 1/2 sendok makan
air                   : 2 gelas

Cara membuatnya :
Semua bahan dicampur kemudian di aduk sampai rata. Buat sehingga bentuknya sedikit lebih kental dari bubur. Diamkan sekitar seharian, misal di buat pagi di masak sore.

Cara memasak :
Biasa di gunakan wajan (kuali) sekaligus sebagai cetakan agar kue lepeng jadi bulat gepeng seperti kue serabi. Oleskan wajan rata dengan mentega, atau tuang ke wajanlebih kurang sesendok minyak goreng, bila kebanyakan buang minyaknya, gunanya agar kue lepeng gak lengket di kuali. Tuangkan adonan yang sudah seperti bubur tadi sebanyak satu sendok sayur dan masak seperti telur dadar, tutup agar agak mengembang.
Biarkan matang, atau sedikit gosong, karena sedikit gosong membuat cita rasa dan aroma lepeng menjadi khas. Yummi.........Selamat mencoba :)


Credit :
Resep oleh Memi Curup
Photo 1 oleh Mardicipto
Photo 1 oleh Memi Curup

1 comments:

amir said...
May 26, 2012  
Rate this:
2.5

ƗƚɑaƗƚɑaƗƚɑaƗƚɑɑƗƚαªƗƚαªƗƚαªƗƚαª i like this kue,

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com