weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Suku Serawai : Asal mula kata Serawai dan Seluma

Suku Serawai : Asal mula kata Serawai dan Seluma

·

KategoriSejarah
GenreSuku Serawai
Sub GenreTambo
Penulis:Zainudi Bai
Desa Bungamos 25 Agustu 2003
AuthorReno Bermano
EditorTun Jang


Asal Kata Serawai
Kata Serawai berasal dari kata dasar Rawai yang berarti pancing untuk menangkap ikan yang disambungkan dengan tali yang panjangnya lebih-kurang 5 meter, di mana tali tersebut diikatkan mata pancing yang berjarak lebih-kurang 0,5 meter, jadi ada 8 mata pancing yang diberi umpan. Tiap-tiap mata pancing diberi tali sepanjang lebih-kurang 40 cm yang diikatkan pada tali yang panjangnya 5 meter dan ditambatkan ke tepi sungai atau perahu nelayan.

Marga Suku Serawai
Suku Serawai memiliki tiga Marga, Yaitu:
  1. Margo Bungo Mas yang berkedudukan di desa Bungo Mas yang bernama Margo Besar, di mana wilayah yang menjadi batasnya, yaitu: Bungo Mas, Lubuk Kebur, Lubuk Lintang, Tais, Talang Salig, Talang Dantuk, Dusun Baru, Talang Rami, Talang Beringin, Pandan, Puguk, Lubuk Dedap, Selingsingan, Simpang, Sembayat, Sukarami, Pasar Seluma.
  2. Margo Semidang Anak Pangi yang berkedudukan di desa Napal, di mana wlayah yang menjadi batasnya, yaitu: Selebar, Kota Agung, Kunduran, Talang Sali.
  3. Margo Kuto Padang yang berkedudukan di desa Padang Genting, di mana wilayah yang menjadi batasnya, yaitu: Tanjungan, Tanjung Seru, Tanggo Batu, Sengkuang, Merbau.
Pada masa penjajahan Belanda untuk memudahkan urusan, maka ke tiga marga tersebut disatukan menjadi Margo Seluma, yang dikarenakan desa-desa tersssebut terletak di pingir sungai Seluma yang pusat pemerintahanya di Tais.

Asal Kata Seluma
Seluma sendiri berasal dari kata dasar menyurum atau surumam, yang artinya air yang hilang masuk ke bawah tanah, yang konon di Desa Puguk jauh di atas bukit mula-mula di hulu sungai tersebut ada airnya yang mengalir ke suatu tempat dan air tersebut hilang masuk kebawah tanah (menyurum ke bawah tanah), setelah di hilir nampak lagi airnya keluar, sekarang kata menyurum tersebut diperbaiki menjadi Seluma. Dikarenakan hal tersebut terjadi di Desa Puguk, dan Desa Puguk masuk margo Bunga Mas, maka keturunan orang yang didesa Pasar Seluma adalah Keturunan orang yang ada di Desa Bunga Mas, dinamakanlah desa di paling hilir Desa Pasar Seluma dan Desa Sukarami (yang dijelaskan tembo).

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by