weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Custom dress : Baju Tewreb orang Rejang di Lebong tahun 1877-1879

Custom dress : Baju Tewreb orang Rejang di Lebong tahun 1877-1879

·

Baju Tewreb pria suku Rejang dari Lebong tahun 1887-1879


Baju Tewreb
atau Bajau Tewreb adalah nama baju yang terbuat dari kulit pohon kayu bunut. Baju ini di pakai oleh orang suku rejang di Lebong di pertengahan abad 19, dan didokumentasi oleh Prof. P.J. Veth yang melakukan dokumentasi di tahun 1877-1879 dan dipublikasi kan di buku Midden Sumatra tahun 1881.

Baju Tewreb wanita suku Rejang dari Lebong tahun 1887-1879

Di buku itu di jelaskan bahwa mereka menjumpai orang orang Rejang di Lebong menggunakan sehari hari baju tewreb ini di rumah, terutama oleh kalangan yang hidupnya susah.

Bahan baju di buat dari kulit kayu bunut (kulit di kupas semua dari gelondong kayu), kemudian di pukul pukul hingga lembut sesuai dengan pola yang di inginkan. Kemudian di keringkan.

Pakaian ini tak seperti di bayangkan oleh banyak orang, karena ternyata pakaian ini lembut dan tidak kaku, karena saat di pukul dan di bentuk diberi bahan pelembut, sayang di dokumen buku ini tak mencatat bahan bahan untuk melembutkannya.

Gambar Baju Tewreb diatas diedit sesuai dengan illustrasi buku Midden Sumatra 1881 oleh Tun Jang.

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by