weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Situs Batu Lebar

Situs Batu Lebar

·

Di Curup, situs ini lebih di kenal dengan Situs Buteu Libea, yang dalam bahasa Rejang berarti Batu Lebar. Situs ini berada di desa tua Seguring. Artikel lain tentang Buteu Libea di Link


Situs Batu Lebar terletak di Desa Seguring, Kecamatan Curup Utara dan berada pada koordinat 0226243 Lintang Selatan dan 9620635 Bujur Timur.
Situs terletak di sebelah timur Sungai Musi, sebelah barat, utara dan selatan merupakan areal persawahan yang ditanami padi, tomat, dan tanaman pangan lainnya. Situs ini berada di atas perbukitan atau dataran tinggi dengan ketinggian 688 di atas permukaan air laut.



Batu lebar berbentuk segiempat dengan bagian atas dibentuk seperti kurung kurawal. Ukurannya adalah panjang 130 cm, lebar 60 cm dan tebal 15 cm. Ada bekas pemangkasan pada bagian permukaan (atas) dan seluruh sisi batu. Secara keseluruhan batu ini bentuknya menyerupai prasasti.

http://rejang-lebong.blogspot.com/2009/04/situs-batu-lebar.html

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com