weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Rejung: Coa Sayang Igei - No love anymore

Rejung: Coa Sayang Igei - No love anymore

·

Coa Sayang Igei

Rejung oleh Ice Trisnawati




alang alang ba kemalang
nasib ku iyo
inok ngen bapak coa sayang igei
inok ngen bapak coa sayang igei

ja kunai titik kumu semayang
ja kunai titik kumu semayang
uyo bi elei uyo bi elei
coa sayang igei
uyo bi elei uyo bi elei
coa sayang igei

kinai ku ngen Tuhan umur ku panyang
kinai ku ngen Tuhan umur ku panyang
baik ngen kidek uku temino
baik ngen kidek uku temino

ecoa kulo ku lupo mengucep terimo kasih
ecoa kulo ku lupo mengucep terimo kasih
do o ba jaso do o ba jaso
inok ngen bapak
do o ba jaso do o ba jaso
inok ngen bapak
alang alang ba kemalang
nasib ku iyo

inok ngen bapak coa sayang igei
inok ngen bapak coa sayang igei
ja kunai titik kumu semayang
ja kunai titik kumu semayang
uyo bi elei uyo bi elei
coa sayang igei
uyo bi elei uyo bi elei
coa sayang igei

kinai ku ngen Tuhan umur ku panyang
kinai ku ngen Tuhan umur ku panyang
baik ngen kidek uku temino
baik ngen kidek uku temino

ecoa kulo ku lupo mengucep terimo kasih
ecoa kulo ku lupo mengucep terimo kasih
do o ba jaso do o ba jaso
inok ngen bapak
do o ba jaso do o ba jaso
inok ngen bapak

  • Sung by: Ice Trisnawati
  • Gitar By : Yulisman
  • Lyric by : Curup Kami
  • Publish by : Tun Jang

Rejung

Sesuai dengan alam yang berada di pelosok-pelosok bukit barisan, menyebabkan anak-anak Rejang dekat dengan kehidupan alam, sehingga tidak mengherankan jikalaupun mereka sudah jauh pergi merantau tetap saja kencenderungan ingat kepada alam yang indah di dataran tinggi sumatra, meski kadang menjadikan angan-angan untuk pulang. Sejalan dengan keadaan seperti itu terkadang tidak mengherankan apabila dalam kesendirian di dalam belantara sambil mengumpulkan hasil hutan mereka menembangkan lagu-lagu yang memiliki muatan budaya yang tinggi, dan apa yang keluar dari hati mereka biasanya sangatlah erat dengan situasi, dimana tidak ada politik, ataupun intervensi dari pihak manapun melainkan murni guratan suara hati, yang terkadang terdengar lirih, sedih dan sendu. Sya’ir beserta irama itulah yang disebut dengan rejung, adapun sya’ir di sini berupa pantun yang terdiri dari empat bait, dimana dua bait adalah sampiran dan dua bait lagi merupakan isi dari pantun tersebut.

Di dataran tinggi sumatra, seni sastra diturunkan secara lisan oleh nenek moyang mereka secara turun temurun. Guritan, Anda-andai, memuning, dan rejung (rejunk) adalah bentuk sastra lisan tersebut. Untuk tiga jenis sastra yang pertama, guritan, andai-andai dan memuning, biasanya tidak memakai media alat musik. Akan tetapi untuk jenis rejung dapat dilakukan tanpa alat musik atau mempergunakan alat musik. Alat musik yang dapat dipergunakan antara lain adalah Ramanika (Accordion), Piul (Violin), Gambus, ataupun Gitar Tunggal. Sementara alat musik yang lain seperti Suling (seruling), Seredam , dan Ginggong (Ginggung) tidak dapat dipergunakan untuk megiringi tembang atau rejung dikarenakan ketiga alam musik tersebut adalah alat musik (sejenis alat musik tiup). Dari sekian alat musik yang dapat mengiringi tembang hanya guitarlah yang paling menonjol dikarenakan berkemungkinan dalam mempelajarinya tidak terlalu sulit bila dibandingkan dengan alat-alat yang lainnya.

Seni rejung ini banyak berkembang pada suku serumpun anak bukit barisan (istilah penulis) atau sering diistilahkan dengan Lagu Batang Hari Sembilan ini terdiri dari beberapa suku antara lain : Rejang, Besemah, Lahat, Ogan, Pagar Alam, Lintang dan daerah yang memiliki kemiripan bahasa degan dealek "e" contoh kata = tebu). (Anak semende dan gitar tunggal blog)

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by