weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Tujuh dari Sembilan Gapura Kerajaan Sriwijaya telah di temukan

Tujuh dari Sembilan Gapura Kerajaan Sriwijaya telah di temukan

·


Pagar Alam– Koordinator Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya Drs. Imron Jayadi menjelaskan, tim nya sampai hari ini Sabtu (27/12) telah menemukan 7 gapura kerajaan Sriwijaya yang berada di situs Rimba Candi Kota Pagar Alam. Dari tujuh temuan gapura tersebut baru satu yang telah dilakukan penggalian dan pengumpulan reruntuhan, yaitu di tanah milik H. Saripudin warga dusun Rimba Candi, Sedang yang lainnya baru sebatas pembersihan lokasi. Dijelaskan Jayadi, gapura kerajaan Sriwijaya di situs Rimba Candi ini keseluruhannya berjumlah 9 gapura. Namun yang baru ditemukan baru tujuh gapura, sementara dua lagi belum dilakukan pencarian mengingat keterbatasan tenaga tim dalam menjaga areal situs ini. Sedangkan pemerintah Kota Pagar Alam akan bergabung melakukan pemugaran benda cagar budaya ini pada bulan Januari 2009 nanti, terangnya.




Ditambahkan Jayadi kondisi seluruh gapura kerajaan Sriwijaya yang berada di situs Rimba Candi ini dalam keadaan roboh dan ini perlu dilakukan penggalian dan penyusunan kembali. Menyinggung faktor penyebab gapura tersebut roboh, Jayadi mengatakan gapura tersebut roboh kemungkinan diakbiatkan oleh faktor alam seperti gempa, erosi dan sebagainya.


Ciri khas reruntuhan gapura kerajaan Sriwijaya ini pada umumnya bebatuan berbentuk segi lima memanjang dengan tanda cekungan berbentuk oval kedalam di salah satu sisi batu tersebut. Menurut Jayadi tanda cekungan ini merupakan pengunci agar batu tersebut bisa menempel atau disatukan. Dari penelitan Semakin besar kepingan reruntuhan gapura, semakin besar pula tanda pengunci yang berbentuk cekungan tersebut.

Credit photo dan Report oleh Pudemar Junior

2 comments:

Rayza ( Who am I? ) said...
March 07, 2009  
Rate this:
2.5

gede banget yakk gapura jaman kerajaan...
Tapi lom tau bentuknya seperti apa..

Nice info sob.. Nambah pengetahuan nich..

Imam Wahyudi ( Who am I? ) said...
March 08, 2009  
Rate this:
2.5

Wah, semoga reruntuhannya bisa diekskavasi semua

Sehingga sejarah makin lengkap, tambah kekayaan budaya Indonesia

Keep update bro !!

Rejang Land Pal

Support by