weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Nandus Mercantus, Ikan Daun Species Baru dari Sungai Musi, Sumatra Selatan

Nandus Mercantus, Ikan Daun Species Baru dari Sungai Musi, Sumatra Selatan

·

Species Baru Ikan Daun Dari Sungai Musi Sekayu
Nandus mercatus


Photo by Heok Hee Ng, Copy Right

Saat pakar zoologi dan taksonom negeri kita tak banyak berkiprah, para pakar taxonom negeri tetangga kita telah secara resmi mendiskripsikan dan memperkenalkan kepada dunia satu species ikan baru yang punya habitat dan endemik di sungai Musi, Sumatra Selatan. Sungai musi adalah sungai terpanjang di pulau Sumatra yang mempunyai hulu di Tanah Rejang propinsi Bengkulu.

Pakar taxonom itu bernama Heok Hee Ng dari negara Singapura. Species ikan daun baru ini dalam dunia ilmiah diberinya nama oleh Heok Hee Ng sebagai Nandus Mercatus. Dia telah mendeskripsikan dengan cara membandingkan ikan - ikan dengan genus serupa dari berbagai belahan dunia. Dari beberapa jenis ikan daun ini yang paling mirip dengan species ini adalah Nandus oxyrhynchus seperti terlihat pada photo di bawah ini.

Nandus oxyrhynchus (Foto: I. Seidel)

Sample ikan di ambil dari Sungai Musi di daerah Sekayu, dan ini tidak menutup kemungkinan bila ikan ini juga berada di Tanah Rejang karena Hulu sungai musi berasal dari Tanah Rejang, prop. Bengkulu.

Untuk detail tentang penelitian dan publikasi ikan daun jenis baru ini bisa di baca di Jurnal Zootaxa : paper: Ng, HH (2008) Nandus mercatus (Teleostei: Perciformes: Nandidae), a new leaf fish from Sumatra. Zootaxa 1963, pp. 43–53

Reference:
http://rejang-lebong.blogspot.com/2009/02/new-leaf-fish-described-from-sumatra.html
http://rejang-lebong.blogspot.com/2009/02/nandus-mercantus-ikan-daun-species-baru.html

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by