weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: The Pretty landsnail from Enggano Island - Kecantikan Siput Enggano yang mempesona

The Pretty landsnail from Enggano Island - Kecantikan Siput Enggano yang mempesona

·

Siput Darat Enggano - Landsnail Enggano
Amphidromus enganoensis Fulton, 1896




Engano Island is a very small island off the SW coast of Sumatra. However, it may be large enough to have more than one distinct colony of this species. At least one satellite island also has a colony. Amphidromus enganoensis may come with a perostracum. If so, it has been removed from these specimens. Laidlaw and Solem considered it within the group of A. palaceus. However, the shell characters do not lead one to that conclusion. Dextral and Sinistral. Yellow specimens often have a white subsutural zone and more closely resemble A. atricallosus.
Begitulah pujian ahli taxonomy memuji karakteristik siput Enggano. Enggano adalah surga kekayaan hayati milik kita yang tiada tara nilainya. Tapi Bengkulu seakan tertidur, tak peduli dengan pengrusakan lingkungan alam yang terjadi di Enggano. Menggemaskan sekali................!


The landsnail enggano colour is very refreshing
Warna siput enggano sangat menyegarkan mata

Dalam taxonomi siput ini berada pada keluarga :

Family: Camaenidae Species: Amphidromus enganoensis Fulton, 1896 Origin: Enggano Island, Sumatera, Indonesia



Blend of colors that enchant
Paduan warna yang menawan


Enggano landsnail with a different color pattern, still looks beautiful Siput enggano dengan corak warna yang berbeda, tetap terlihat indah


Meski kecil (ukuran rata - rata 35 - 45 mm), siput ini di jual oleh para kolektor dunia antara 2-4 US$. Harga cangkang siput kecil sangat mahal, tapi sayang tak di kenal oleh masyarakat kita di Bengkulu.





Siput Enggano adalah salah satu siput yang habitat hanya ada di pulau enggano. Pulau enggano adalah pulau kecil yang terpisah dari daratan pulau sumatera dan menghadap langsung ke samudera Indonesia. Pulau ini masuk wilayah propinsi Bengkulu. Enggano adalah pulau kecil yang sangat kaya dengan keanekaragaman flora fauna yang endemik, itulah yang membedakannya dengan pulau pulau lain di nusantara.







0 comments:

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com