weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Kupu - Kupu Enggano menunggu penemuannya kembali (Rediscovery Phyllodes enganensis)

Kupu - Kupu Enggano menunggu penemuannya kembali (Rediscovery Phyllodes enganensis)

·

Oleh Tun Jang


[kupukupu+enggano]
Kupu-kupu Enggano , Phyllodes enganensis, repro by Tanah Rejang

[kupu+kupu+borneo.jpg]
Kupu-kupu Borneo, Phyllodes floralis , sinonim Phyllodes Verhuelli, repro by Tanah Rejang

Salah satu kekayaan Sumatra adalah memiliki satu jenis Ngengat Enggano,. Ngengat adalah sejenis kupu - kupu yang keluar pada malam hari (Nocturne), Adalah seorang ahli taksonomyi dunia, telah memperkenalkan satu jenis ngengat khas Sumatera tahun 1904 yaitu Charles Swinhoe, ngengat ini di beri nama Ilmiah Phyllodes enganensis. Tidak jelas mengapa di beri nama Enggano, mungkin ngengat yang di teliti oleh taxonom ini berasal dari specimen Pulau Enggano yang merupakan bagian dari Sumatera, atau memang tidak ada hubungannya sama sekali. Enganensis adalah nama latin untuk penamaan hayati asal Pulau Enggano.

Berikut tampilan Ngengat Enggano yang di ambil dari Hampson Species Index to the British Museum Plates of the Noctuidae. Ngengat enggano berada pada gambar no. 7.

http://bcrc.bio.umass.edu/kunkel/Moths/hampson/jpegs/ccxii-480.jpg


Keterangan gambar dari Hampson Species Index to the British Museum Plates of the Noctuidae Plate CCXII seperti terlihat di atas adalah sebagai berikut :
  • 1.Dermaleipa metaxantha, m.
  • Vol. XII. p. 410. N. Australia.
  • 2. Phyllodes floralis, m.
    p. 395, Borneo.
  • 3. Dermaleipa minians, m.
    p. 411. Madagascar.
  • 4. D. arcifera, f.
    p. 411. Br. E. Africa.
  • 5. D. metaphaea, f.
    p. 413. Nigeria.
  • 6. Miniodes maculifera, m.
    p. 404. Uganda.
  • 7. Phyllodes enganensis, m.
    p. 396. Sumatra.
Perhatikan bawah Ngengat Enggano sangat mirip dengan Ngengat Kalimantan/borneo (Phyllodes floralis). Perbedaan yang jelas dapat dilihat dari bentuk punggung dan warna perut. Ngengat Kalimantan (borneo) warna perutnya kebirua-biruan sedangkan Ngengat Enggano perutnya berwarna coklat. Perbedaan lain bisa di lihat warna sayap belakang, pada sayap ngengat Enggano ada satu tambahan garis warna hitam di area warna merah , sedangkan pada ngengat Kalimantan tidak ada.

Hingga saat ini admin belum menemukan photo dan laporan terkini mengenai Ngengat Enggano. Tapi negeri jiran kita Malaysia sangat unggul menginventarisasi dan meneliti flora fauna mereka. Mereka telah lama merediscoveri Ngengat Kalimantan (Borneo) Phyllodes floralis .Ngengat borneo mereka populerkan dengan nama ilmiah Phillodes Verhuelli karena jasa-jasa taxonomnya. Hasil penelitian mereka dapat dilihat di site khusus tentang Ngengat Borneo, satu hal yang pantas dapat acungan jempol dan layak di tiru oleh orang Indonesia.

Berikut gambar dari situs resmi milik pemerintah malaysia tentang ngengat borneo (www.mothsofborneo.com) yang menampilkan gambar Suku Phylodes (Tribe phyllodini) yang terdiri dari 3 genus atau genera yaitu :

1.
http://www.mothsofborneo.com/part-15-16/images/plate13/7.jpg
Phyllodes eyndhovii

2.
http://www.mothsofborneo.com/part-15-16/images/plate13/9.jpg
Phyllodes staudingeri

3.

http://www.mothsofborneo.com/part-15-16/images/plate13/8.jpg
Phyllodes verhuelli

Menurut admin mesti di tambah :
4. Phyllodes Enganensis, bentuknya mirip phyllodes verhuelli/phyllodes floralis dengan punggung dan perut warna coklat. Merujuk dari gambar di Museum British di atas.

[kupukupu+enggano]
Kupu-kupu Enggano , Phyllodes enganensis, repro by Tanah Rejang


Specimen yang di rilis salah satu web Jepang yang mengambil specimen dari Cameron Highland di bawah ini menyebutkan bahwa photo ini adalah Ngengat Enggano, padahal tampak jelas bahwa ini adalah ngengat borneo (
Phyllodes Verhuelli) dengan perut warna kebiruannya.

[112477709_1.JPG]
https://auction.jp.msn.com/item/112477709

http://www.jpmoth.org/~dmoth/Digital_Moths_of_Asia/80_Noctuidae/08_Catocalinae/21_Phylloidini/Phyllodes%20verhuelli/Phyllodes%20verhuelli_990405266.jpg

http://www.jpmoth.org/~dmoth/Digital_Moths_of_Asia/80_Noctuidae/08_Catocalinae/21_Phylloidini/Phyllodes%20verhuelli/Phyllodes%20verhuelli.htm


Menurut situs Ngengat Borneo Link dan situs Ngengat Jepang Link sinonim dari Phyllodes verhuelli Vollenhoven adalah :
  • Phyllodes verhuelli Vollenhoven, 1858
  • Phyllodes cerasifera Butler, 1883
  • Phyllodes floralis Butler, 1883
  • Phyllodes enganensis Swinhoe, 1904
Bila kita perhatikan baik baik, klasifikasi dan laporan Charles Swinhoe adalah laporan taxonom paling akhir (1904), dimana tentunya datanya lebih akurat. Apalagi di dukung oleh Beritis Museum Plates of Noctuidae yang menyajikan gambar dokumentasi yang sangat jelas bahwa ngengat borneo dan ngengat enggano adalah species berbeda.

Kesimpulan :
Ngengat Enggano tidaklah sama dengan Ngengat Borneo, jadi Ngengat Enggano adalah Species tersendiri dengan nama Phyllodes Enganensis yang di diskripsikan oleh Charles Swinhoe tahun 1904.

Saran :
Ngengat Enggano adalah salah satu contoh betapa anak bangsa saat ini sangat kurang berinisiatif untuk meneliti kekayaan negeri ini. Ngengat Enggano adalah salah satu ngengat yang sengaja admin angkat untuk menunjukkan keprihatinan admin terhadap illegal loging dan pengrusakan lingkungan di pulau Enggano yang secara langsung akan membuat punah flora dan fauna endemik Enggano. Masih banyak kekayaan hayati Pulau Enggano yang menunggu di identifikasi kembali/penemuan kembali (rediscovery) atau mungkin bahkan ada yang belum teridentifikasi sama sekali.
Dengan kata lain, Ngengat Enggano menunggu untuk ditemukannya kembali (Rediscovery Phyllodes enganensis), satu photo yang berhasil di dokumentasi oleh teman teman akan sangat berarti sekali oleh dunia taxonomi sebagai bukti masih adanya ngengat Enggano. (Ayo berburuh photo ngengat..............ayyyoooooooooo! Siapa tahu dapet ngengat enggano, admin)

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by