weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Profil singkat Bermani Ilir (Kab Kepahiang)

Profil singkat Bermani Ilir (Kab Kepahiang)

·

Posted by Rahabilah Firdha
(http://petanang.co.cc/2008/07)

Disripsi Singkat Komunitas

Komunitas Bermani ilir adalah salah satu komunitas adat yang ada di kabupaten kepahiang, merupakan pecahan dari komunitas adat Eks Marga Bermani Lebong. Bermani berasal dari kata Beram Manis (Tapai Manis), ketika Marga masih hidup pusat Pemerintahan Marga berada di Desa Keban Agung, namun Desa tertua yang dimiliki Komunitas ini adalah Desa Limbur lama dan Desa Cinta Mandi di kedua Desa ini dapat di temui berbagai peninggalan kebudayaan lama. Berada pada perbatasan antara Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan yang juga merupakan eks wilayah ekspansi Komunitas Jurukalang membuat dialeg dan beberapa kebiasaan pada Komunitas ini sedikit mengarah pada aturan Kesultanan Palembang. Tetapi secara umum komunitas ini mengenal adanya pembagian lahan berdasarkan kearifan adat dan aturan adat Rejang. Mereka menyebut areal pemukiman dengan sebutan Sadei, areal perkebunan dengan sebutan Dumi dan wilayah Hutan di sebut Himo, batas alam di sebut Stahei dan biasanya ditanami dengan batang Kapuk.

Kuantitatif Wilayah

Komunitas Bermani Ilir memiliki 27 Desa Administratif, dan memiliki luas wilayah 31.321,64 Ha dengan jumlah kepadatan penduduk 30.041 jiwa. Taman Wisata Alam (TWA) seluas 2.336,00. Hutan Lindung (HL) seluas3.321,00. Hutan Tetap seluas 5.657,00 dan Areal Pekarangan Lain seluas 25.673,64.

Keterangan lain

Komunitas bermani Ilir mayoritas hidup dari hasil pertanian penghasilan utama mereka adalah kopi dan padi, dan banyak juga kehidupan mereka di tunjang oleh hasil yang lain seperti kolam ikan Mas, cabe, Jahe, bawang dan lain-lain.



0 comments:

Rejang Land Pal

Support by