weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Situs Megalitikum di Kota Curup (Dokumentasi tahun 1931)

Situs Megalitikum di Kota Curup (Dokumentasi tahun 1931)

·

Satu hal yang menarik dari artikel kita kali ini adalah tentang situs megalit yang berada di Tanah Rejang. Situs -situs ini adalah peninggalan kebudayaan Suku Pasemah, bukan kebudayaan Suku Rejang yang selama ini oleh generasi sekarang sering sekali salah karena di kira budaya orang Rejang karena berada di Tanah Rejang.

Bagi pembaca yang bisa memberikan info tentang situs ini, mohon di tambahkan di bagian komentar artikel ini agar bisa di edit, sehingga data dan informasi keberadaan situs ini jadi lebih jelas dan jadi pencerahan untuk semua pembaca, admin.

[New+Picture+(7).bmp]

Situs ini sekarang lebih di kenal dengan Batu Trisakti di Pemandian Suban Air Panas.
Terdiri dari 3 bentuk batu, seperti meja saji (altar), batu berbentuk piramid dan satu lagi seperti anak lesung. dari semua situs peninggalan kebudayaan Pasemah di Curup ini, hanya situs yang satu ini yang banyak di kunjungi karena berada di komplek kawasan pemandian air hangat (Hot spring)

[New+Picture+(8).bmp]

Bila admin tak salah ini adalah situ Batu Panco yang berada di desa batu panco satu desa berada dekat kaki Bukit Basah arah Tabarena.

[New+Picture+(9).bmp]

Mungkin yang satu ini pembaca bisa menginformasikan letaknya di mana dan apa namanya, karena admin sendiri tidak tahu?

Satu lagi situs yang tidak di ada photo nya di blog ini dan berada di kota Curup yaitu situs Batu Dewa di curup, apakah ada pembaca yang bisa menyumbang photonya? terimakasih, admin.

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by