weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Kelinci Belang Sumatera Terekam Kamera

Kelinci Belang Sumatera Terekam Kamera

·

Artikel ini di muat untuk mengenalkan flora dan fauna di area konservasi sumatera.

09 April 2007, 3:25:09
|

kelinci belang Sumatera (Nesolagus netscheri)Seekor kelinci belang Sumatera (Nesolagus netscheri) terekam kamera penjebak yang dipasang dalam hutan. Kelinci yang tubuhnya bergaris dan bertelinga pendek itu tergolong hewan sangat langka.Dalam 35 tahun terakhir, kelinci belang Sumatera hanya terlihat tiga kali. Sebelumnya, ia juga pernah terekam kamera penjebak pada tahun 2000 dan disaksikan langsung seorang ilmuwan pada tahun 1972.

“Kelinci yang panjang tubuhnya 30 centimeter terekam kamera penjebak di Taman Nasional Bukit Barisan,” kata Colin Poole, direktur Program Asia Wildlife Conservation Society (WCS). Ia mengatakan, informasi mengenai spesies ini sangat terbatas karena itu bukti eksistensinya di alam sangat menggembirakan sekaligus memastikan pentingnya konservasi hutan di wilayah tersebut.

Sebab, hilangnya kelinci Sumatera dipicu semakin berkurang habitatnya karena desakan aktivitas manusia, misalnya perambahan hutan serta alih fungsi hutan menjadi kawasan perkebunan atau pertanian. Kelinci belang Sumatera diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah (red list) WCS.

Kelinci belang tidak hanya ditemukan di Pulau Sumatera. Pada tahun 1999, para peneliti menemukannya juga di Pegunungan Annamite yang terletak di perbatasan Laos dan Vietnam. Namun hasil pengukuran sampel DNA menunjukkan sifat yang sangat berbeda dengan kelinci belang Sumatera dan diperkirakan telah terpisah sejak 8 juta tahun lalu. Kerabat kelinci belang Sumatera ini kini diberi sebutan kelinci belang Annamite.

Sumber: BBC (www.kompas.co.id)

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by