weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Calender of Passumah Tribe I (Daily Calendar)

Calender of Passumah Tribe I (Daily Calendar)

·

Almanak Suku Pasemah


From upland sumatra island, I wanna to show you Calendar of Passumah tribe. This specimen collect from Manna Town, for today Manna to be capital city of Sout Bengkulu regency, Bengkulu Province Indonesia.

Dari dataran tinggi sumatra, saya ingin menunjukkan almanak suku Pasemah. Almanak ini di ambil dari kota Manna, Bengkulu Selatan, dan di simpan museum Volkenkunde, Belanda bertahum tahun lampau.

Size 7,2 x 1,8 cm (Volkenkunde Museum Collection)

Even the calendar pasemah keep well in volvekunde museum, but in reality life, this calendar now being extinct. I try to ask to many pasemah people, nobody know about this calendar. So what a pity our culture now? (rejang nearby culture).

Meskipun almanak ini terawat dengan baik, tapi pada kenyataannya, pada kehidupan suku pasemah saat ini, sepertinya almanak ini telah punah. Saya mencoba bertanya pada banyak orang orang pasemah, tapi tak ada seorangpun yang mengetahui tentang almanak suku pasemah ini. Sehingga saya menarik kesimpulan, sedemikian parahkah keadaan benda budaya suku suku di tanah rejang dan sekitarnya? Mungkin masih banyak benda budaya kita yang akan hilang dari kehidupan sehari hari , tidak hanya almanak suku pasemah ini.



For reader who know about this calendar, please share to admin for publish, so many people will get more full information about pasemah culture.

Kepada pembaca yang mengetahui tentang kalender pasemah, admin harap bisa berbagi kepada admin, sehingga informaasinya bisa dipublikasi untuk publik.

Please see Calender of Passumah Tribe II at link

2 comments:

Erwan Aris ( Who am I? ) said...
June 13, 2012  
Rate this:
2.5

Subhanallah sebagai putra asli Besemah saya malu karena saya baru tau tentang almenak Besemah ini.
Pasti banyak yang tidak tau tentang hal ini.
Nice info gan
Promo :D
FB Erwan Sang Pemimpi (berone@ymail.com)
T @erwan.as7sm
erwan-as7sm.blogspot.com/

Erwan Aris ( Who am I? ) said...
June 13, 2012  
Rate this:
2.5

Subhanallah, Nice info gan.
Saya sebagai putra asli Besemah merasa malu karena baru tau tentang hal ini gan. Semoga ada rincian lebih tentang almenak Besemah ini gan,
ditunggu ya gan.

Promo :)
FB Erwan Sang Pemimpi (berone@ymail.com)
T @erwan_as7sm
erwan-as7sm.blogspot.com/

Rejang Land Pal

Support by

Add to Technorati Favorites blog-indonesia.com