weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Bukit Kaba - Kaba Mountain

Bukit Kaba - Kaba Mountain

·

Berada di wilayah Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu ,Gunung api Kaba dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat dari kota Curup melalui desa Simpang Bukit Kaba, yang terletak di jalan raya Lubuk Linggau- Curup, menuju desa terdekat (5 km dari arah puncak), Sumber Urip. Pencapaian dari desa ini bisa dilakukan dengan kendaraan roda gardan ganda atau dengan menggunakan sepeda motor maupun jalan kaki melalui kaki bukit kaba.

video

Adanya jalan mobil yang menghubungkan antara kota Curup dan puncak kawah utama Gunungapi Kaba dengan melalui desa-desa Simpang Tiga Kaba dan Sumber Urip menjadikan gunungapi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan dalam negeri. Ditambah lagi dengan adanya sumber mata air panas (hot spring) di jalur pendakian, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang.

Adanya fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas di Air Meles (lereng baratdaya) dan di Air Sempiang (lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunungapi di Kabupaten Rejang Lebong.

Terdapat 8 kawah di puncak, masing-masing a.l :








Salah satu sumur Vogelsang (kawa mati)

Kawa Lama, Kawa Baru, Sumur letusan 1940 Kawah Baru, Vogelsang I, lubang letusan 1951 (Vogelsang II). ketinggian 1952 m di atas permukaan laut.

Penduduk di sekitar Gunungapi Kaba umumnya bertani sayur mayur. Kota Curup dengan desa Sumber Urip nya, terkenal sebagai sentra sayur mayur untuk Propinsi Bengkulu, bahkan pensuplai sayur mayur terbesar bagi kota Palembang, ibukota Propinsi Sumatera Selatan. Selain sayur mayur, penduduk di sekitar Gunung api Kaba bercocok tanam kopi. Kopi Bengkulu yang terkenal beberapa di antaranya diproduksi dari para petani di wilayah Gunungapi Kaba



Source :
http://alamkuduniaku.blogspot.com

1 comments:

Irenk ( Who am I? ) said...
May 09, 2012  
Rate this:
2.5

like .... kenal sama bapak yg pake topi,,, apa kabar nya pak ?????

Rejang Land Pal

Support by