weblogUpdates.ping Taneak Jang, Rejang Land, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com Taneak Jang, Rejang land, Tanah Rejang: Vanda Hookeriana, Salah Satu Flora Langkah Bengkulu yang Makin Terancam Keberadaannya

Vanda Hookeriana, Salah Satu Flora Langkah Bengkulu yang Makin Terancam Keberadaannya

·

Ini Arsip sumbangan artikel dari tanah rejang untuk Komunitas Blogger Sumatera (Artikel ke 2 dari Blog Ini), Target blogger : mengenalkan Vanda Hookeriana sebagai flora langkah berikut close up photo yang sangat sulit di cari pembaca di Bengkulu, mudah-mudahan artikel ini membuat Vanda Hokeriana makin di kenal publik nusantara, karena mayoritas artikel anggrek ini tidak ada photo anggreknya.

Anggrek Langka di Bengkulu Ditemukan Lagi

Anggrek air (Vanda hokkeriana) yang merupakan puspa langka menurut Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 1999 ternyata masih terdapat di bagian utara kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah, Kota Bengkulu. Anggrek berwarna putih-ungu itu dalam beberapa tahun terakhir sudah tidak terlihat di kawasan tersebut. Karenanya, menurut Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda), Lumban PS, tanaman itu akan dipindahkan ke beberapa bagian di kawasan Danau Dendam Tak Sudah. Dia menuturkan, sekitar lima tahun lalu petugas Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) masih menjumpai bunga anggrek air dan telah memasangi kawat pelindung.
(Suara Pembaruan, 2002-07-28)






Sahabat Nusantara, Itulah salah satu artikel harian ibukota 6 tahun lalu.Telaga Danau Dendam Tak Sudah(DDTS) adalah salah satu habitat Anggrek langkah Vanda Hookeriana (anggrek pinsil) yang ada di dunia.

Telaga DDTS bukanlah satu-satunya habitat Vanda Hookeriana yang ada di dunia seperti yang banyak diberitakan media massa lokal dan Nasional Indonesia. Beberapa negara lain juga jadi habitat dan menkonservasi anggrek ini, seperti di Ipoh Malaysia, atau di Pulau Mindanou Philipina. Negara-negara ini sangat konsen melindungi tumbuhan-tumbuhan langkah sebagai kekayaan flora negaranya. Anggrek ini tumbuh bersimbiosis dengan sejenis Bunga Bakung (Crinum Asiaticum) untuk ditumpangi sebagai penyangga batangnya yang ramping. Langkanya anggrek ini, dikarenakan habitat anggrek yang ada di Cagar Alam Dusun Besar (CADB) Bengkulu tempat Telaga Danau Dendam Tak Sudah berada, sudah rusak oleh tangan manusia. Kerusakan tersebut juga menyebabkan bunga bakung mati.Hingga hari ini kerusakan habitat anggrek ini di Telaga Danau Dendam Tak Sudah masih berlangsung, bahkan BKSD Bengkulu belum berhasil mengembalikan Anggrek ini ke habitatnya.Justru DTTS terus menangis menanti tibanya waktu Vanda Hookeriana berbunga lagi seperti sedia kala, benar benar penantian tak berujung karena pengrusakan CADB masih berlangsung (Artikel pengrusakan CADB bisa di baca di blog yayasan lembak, link blognya ada di blog Tanah Rejang, http://rejang-lebong.blogspot.com

Lepas dari semua kekhawatiran punahnya Anggrek pinsil di DDTS, Tanah Rejang ingin menampilkan profile flora ini buat sahabat-sahabat Nusantara.

VANDA HOOKERIANA
Nama lain : Papilionanthe hookeriana,
anggrek pinsil

Taxonomy

Domain : Eukaryota Whittaker & Margulis,1978 - eukaryotes
Kingdom : Plantae Haeckel, 1866 - Plants
Subkingdom : Viridaeplantae Cavalier-Smith, 1981 - Green Plants
Phylum : Magnoliophyta Cronquist, Takhtajan & W. Zimmermann, 1966-Flowering Plants
Subphylum : Spermatophytina (auct.) Cavalier-Smith, 1998 - Seed Plants
Infraphylum : Angiospermae auct.
Class : Liliopsida Scopoli, 1760 - Monocotyledons
Subclass : Liliidae Takhtajan, 1967
Superorder : Lilianae Takhtajan, 1967
Order : Orchidales Dumortier, 1829
Family : Orchidaceae Adans., 1763, nom. cons. - Orchid Family
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Vandeae
Subtribe : Sarcanthinae
Genus : Vanda (VAN-duh) Rolfe, 1896 - Vanda
Specific epithet : hookeriana
Botanical name : Vanda hookeriana

This is the Vanda Hookeriana orchid blooming flowers, one species is very rare in Telaga Danau Dendam Tak Sudah near barrier Rejang Land especially Bengkulu Province.











Anggrek pensil memiliki keindahan yang khas. Kesegaran bunga ini dapat mencapai 22 hari. Pada tahun 1882 anggrek ini dinobatkan sebagai "Ratu Anggrek" dan mendapat hadiah "First Class Certificate" dari pemerintah Inggris.
Nama hookeriana diberikan sebagai penghormatan kepada Sir William Jackson Hooker, seorang gurubesar botani pada abad ke-18 yang pernah menjabat sebagai direktur Kebun Raya Kew, Inggris.






Berikut ini adalah photo Vanda Miss Joaquim, anggrek ini dapat gelar NATIONAL FLOWERS of SINGAPORE (Anggrek nasional negeri Singapura) secara resmi tanggal15 April 1981. Anggrek ini merupakan hasil persilangan antara species Vanda Hookeriana (malaysia) dan Vanda Teres (Burma) yang dilakukan pertama kali oleh pecinta Anggrek asal Armenia di kebun Agnes Joaquim di Singapura tahun 1893. Anggrek ini bukan saja jadi bunga kebangsaan Singapura tapi juga sangat terkenal di negara Philipina dan Hawaii, sehingga di sana di sebut dengan julukan Wah Kim Orchid dan Princess Aloha Orchid.





Bila ingin membaca lebih banyak lagi tentang vanda Hookeriana silakan mampir di Blog kami, Tanah Rejang http://rejang-lebong.blogspot.com



Reference :
Http://rejang-lebong.blogspot.com
http://www.zipcodezoo.com/Plants/V/Vanda_hookeriana.asp
http://www.amassia.com.au/orchid.htm

0 comments:

Rejang Land Pal

Support by